22 Mar 2009

Melasti

Saya beruntung mendapat kesempatan berpartisipasi dalam acara Melasti (penyucian) hari Sabtu lalu, tgl 21 Maret 2009 dalam rangka Karya Agung Panca Bali Krama yang datangnya tiap 10 tahun sekali. Melasti ini mengambil waktu 3 hari, 21 - 23 Maret 2009 dengan jarak tempuh total sekitar 70km.

Terdapat 38 "Jempana" (singgasana) yang diusung melampaui desa - desa sepanjang Pura Besakih menuju ke Pantai Klotok Klungkung sekitar 35km. Sekitar 15,000 orang ikut serta dalam ritual ini. Melasti di mulai pukul 10pagi selama 7 jam hingga mencapai Pantai Klotok.

Kebesaran Hyang Widhi sangat terasa saat itu, betapa tidak dengan sinar matahari yang benar benar terik, masyarakat sangat antusias untuk memberikan bhakti mereka kepada beliau. Lelah tak dirasakan, yang ada hanya pengabdian kepada Sang Pencipta.

Saya makin menyadari betapa pulau Bali ini sangat sakral. Ritual melasti dengan puluhan ribu jiwa menyatu, bertekat, menghaturkan segenap tenaga untuk upacara penyucian ini. Penyatuan jiwa itu, menciptakan energi positif yang luar biasa, memproteksi pulau dewata dari unsur - unsur negatif.

Hyang Widhi engkau maha besar, maha ada, maha bijaksana... aku memujaMu.




















1 komentar:

  1. Sayang, saya ga sempat ngeliat acaranya. Pasti banyak obyek menarik.
    I love Bali........

    BalasHapus